Kepulauan Derawan Kalimantan Timur

Kepulauan Derawan Kalimantan Timur
Kalimantan sendiri adalah pulau terbesar di negara kepulauan Indonesia dan juga terbesar ketiga di dunia setelah Greenland dan New Guinea. Kata “Kalimantan” berasal dari bahasa Melayu kuno yang berarti “Sungai dari Diamond”. Bagian Utara Kalimantan termasuk wisalayah Serawak Malaysia dan Brunei Darussalam. Suku asli Kalimantan yang terkenal adalah Suku Dayak. Selain Dayak,masih banyak sub etnis lain di Kalimantan. Suku di wilayah timur Kalimantan terdapat suku Kayan – Kenyah Dayak yang tinggal di Kalimantan Timur sepanjang Sungai Mendalam. Derawan merupakan satu diantara sekian banyak pulau di Kalimantan. Di sekitar pulau Derawan juga terdapat pulau-pulau kecil hingga membentuk gugusan kepulauan Derawan. Karena pesona lautnya yang luar biasa, Derawan menjadi salah satu tempat wisata favorit di wilayah timur Indonesia khususnya di Kalimantan Timur. Kalimantan merupaka pulau yang dilalui garis khatulistiwa. Musim hujan dimulai sekitar November hingga April dan musim kemarau berlangsung dari Mei hingga Oktober. Namun,di sekitar Kalimantan terkadang ada hujan sebelum, ketika,dan sesudah musim kemaraunya. Suhu udara rata-rata di Kalimantan Timur adalah sekitar 25 Celcius – 35 derajat Celcius.

Akomodasi di Kepulauan Derawan
Untuk menuntaskan kunjungan di Derawan, anda bisa memilih akomodasi dari yang murah hingga yang mahal. Travel agent biasanya melayani wisatawan mancanegara menawarkan harga dalam dolar, untuk domestik tawar saja pakai rupiah. Penginapan berupa homestay harga sewanya berkisar sekitar Rp 100.000,- . Banyak Homestay tersebut adalah rumah penduduk setempat yang sudah dimodifikasi. Jika menginginkan yang lebih mewah, anda bisa memilihi bungalow dengan kisaran harga Rp 300.000,- hingga jutaan rupiah. Anda tertarik? Ayo langsung saja berlibur ke Pulau Derawan dan nikmati keindahannya.

Akses ke Pulau Derawan
Jika berangkat dari Jakarta, gunakan penerbangan ke Balikpapan dan dilanjutkan ke Tanjung Redep, Berau. Dari Tanjung Redep menggunakan perjalanan darat ke penyeberangan Tanjung Batu. Dari Tanjung Batu, Pulau Derawan dapat dicapai menggunakan speedboat. Speed boat adalah transportasi praktis untuk mengunjungi pulau-pulau di Derawan.

0 comments:

Post a Comment

 

Teknologi

Resources

Travel