Wisata Air Terjun Sedudo

Wisata Air Terjun Sedudo
Menurut sejarah, saat itu Air Terjun Sedudo dibuat oleh salah satu tokoh warga sekitar bernama Sanak Pogalan. Ia merupakan petani tebu yang harus menelan kecewa dari penguasa jaman itu. Karena kekecewaannya inilah, ia kemudian menjadi pertapa di sekitar sumber Air Terjun Sedudo. Dalam tapanya, ia berniat untuk menenggelamkan Kota Nganjuk dengan membuat sumber air yang sangat besar. Air Terjun Sedudo sudah sangat populer di kawasan Jawa Timur. Objek wisata air terjun Sesudo berada di lereng Gunung Wilis dan terletak di Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun Sedudo mempunyai panorama air terjun yang hulunya berada pada ketinggian 1.438 meter di atas permukaan laut. Mirip seperti air terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu. Pada hari-hari biasa, tempat wisata air terjun Sedudo tidak seberapa ramai. Akhir pekan dan libur nasional barulah bertambah banyak pengunjungnya. 

Namun harap dicatat, kunjungan teramai adalah di bulan Sura tanggal satu. Sura adalah bulan pertama penanggalan jawa. Setiap 1 Sura biasanya diadakan ritual siraman. Dan lucunya, yang disiram adalah arca. Ritual ini dinamakan Parna Prahista. Entah kenapa di jaman sekarang masih saja banyak yang percaya takhayul semacam ini. Air terjunnya sendiri meluncur dari ketinggian 105 meter. Dari kejauhan jalan menuju lokasi wisata ini terlihat sangat indah. Sejuknya udara pegunungan Gunung Wilis di tambah tamparan titik-titik air terjun membuat suasana damai dan nyaman sehingga anda merasa lebih rileks. Tepat di bawah jatuhnya air, terdapat kolam yang bisa Anda gunakan untuk mandi bahkan berenang.

Akses Air Terjun Sedudo
Air terjun kebanggan warhga nganjuk ini terletak 30km dari pusat kota Nganjuk. Dengan sepeda motor, bisa ditempuh selama 45menit saja. Kalo beruntung, malah bisa hanya 30 menit. Nganjuk berada ±110km dari Surabaya dan ±200km dari Yogyakarta.

0 comments:

Post a Comment

 

Teknologi

Resources

Travel